5 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dengan Mudah

December 7, 2021 by No Comments

Merintis usaha bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, terutama mereka yang terkendala modal. Tak punya cukup tabungan, padahal keinginan untuk merintis usaha sangat menggebu-gebu. Namun kini ada banyak cara untuk mendapatkan modal. Salah satunya adalah dengan mengajukan pinjaman modal usaha.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mendapatkan pinjaman agar mimpi menjadi seorang pengusaha segera terealisasi.

Menggadaikan Aset Pribadi

Cara pertama untuk mendapatkan pinjaman modal adalah dengan menjadikan aset pribadi sebagai jaminan. Dalam kata lain, Anda harus menggadaikan aset yang Anda miliki ke lembaga penyedia layanan pinjaman yang terpercaya. Aset pribadi ini bisa berupa apa saja, seperti BKPB kendaraan bermotor, perhiasan, emas batangan, barang elektronik, dan sebagainya.

Apabila Anda berniat untuk menggunakan metode ini, pastikan untuk memilih jasa pegadaian yang secara resmi sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Dengan memilih lembaga pegadaian resmi, keamanan aset yang Anda gadaikan tetap terjaga.

Mengajukan Pinjaman dari Koperasi

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) juga bisa menjadi lembaga keuangan yang tepat untuk mendapatkan pinjaman modal. Dibandingkan lembaga perbankan konvensional, mengajukan pinjaman melalui KSP justru jauh lebih menguntungkan. Pasalnya, suku bunga yang ditetapkan cenderung lebih rendah. Apalagi jika Anda merupakan anggota dari koperasi tersebut.

Untuk bisa mengajukan pinjaman di koperasi, umumnya calon nasabah harus menjaminkan aset yang dimiliki. Aset ini bisa berupa BPKB kendaraan, deposito, atau surat tanah. Dokumen yang harus dipersiapkan juga cukup mudah, seperti KTP, KK, dan beberapa dokumen tambahan seperti NPWP (nominal pinjaman diatas 50 juta).

Begitu semua persyaratan sudah dipenuhi, kemungkinan besar pengajuan pinjaman modal Anda akan langsung diterima. Suntikan dana akan langsung masuk ke rekening Anda dalam hitungan jam.

Pinjaman dari Dompet Digital

Jenis pinjaman yang satu ini sedang naik daun terutama dikalangan pemilik bisnis online yang memerlukan pinjaman modal usaha. Populer dengan sebutan Paylater, jenis pinjaman ini ditawarkan oleh perusahaan finansial berbasis digital dan dompet digital yang sudah menjadi pemain lama di ranah ini.

Pada umumnya Paylater ditujukan bagi pengguna untuk transaksi berbelanja. Namun kini juga bisa digunakan untuk membuka usaha kecil-kecilan. Bahkan membeli perlengkapan bisnis pun bisa dilakukan dengan Paylater.

Syarat pengajuannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengunggah foto KTP, selfie bersama KTP, dan mengisi data diri, seperti status pekerjaan dan pendapatan per bulan. Hanya dulungan hitungan jam, pinjaman Paylater akan langsung masuk ke dompet elektronik Anda.

Modal Usaha dari Pinjaman Online Legal

Mengajukan pinjaman melalui lembaga penyedia pinjaman berbasis online bukan hal yang asing lagi bagi sebagian orang. Mayoritas dari lembaga tersebut menawarkan produk pinjaman tanpa dikenakan jaminan sama sekali.

Bahkan ada beberapa lembaga yang khusus mentargetkan para pelaku UMKM, seperti Finmas misalnya. Penyedia layanan seperti inilah yang bisa memberikan pinjaman modal usaha mudah dan aman.

Modal Usaha dari Pemerintah

Cara terakhir untuk mendapatkan modal mendirikan usaha adalah melalui program pinjaman dari pemerintah. Program yang dikenal dengan sebutan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini adalah pembiayan dari lembaga perbankan bagi UMKM.

Metode ini biasanya dipilih oleh para pelaku bisnis yang membutuhkan modal dalam jumlah besar. Apabila Anda tertarik, pastikan Anda sudah memiliki usaha yang setidaknya berjalan selama 6 bulan. Selain itu, pastikan pula Anda sedang tidak menerima kredit dari lembaga lain. Begitu semua persyaratan terpenuhi, besar kemungkinan pengajuan pinjaman untuk diterima.

Nah, itu tadi cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh pinjaman modal usaha cepat cair. Jangan sampai terbatasnya modal menghambat keinginan Anda untuk merintis usaha. Pilihlah salah satu metode di atas untuk merealisasikan keinginan berbisnis Anda.