Kopi Tanpa Ampas dan Kopi Dengan Ampas: Mana yang Lebih Sehat?

July 8, 2021 by No Comments

Bagi orang-orang tertentu, kopi adalah minuman wajib di konsumsi sebelum, memulai dan sambil beraktivitas. Kebiasaan tersebut tidak hanya ada di Indonesia, tapi di seluruh belahan bumi, minum kopi adalah hal wajib dalam yang harus di lakukan di dalam hidup.

Bahkan kalau boleh jujur, walaupun di masa pandemi seperti saat ini yang namanya kedai kopi baik yang modern ataupun yang tradisional di Indonesia itu gak pernah sepi, meskipun dari jumlah pengunjung menurun tapi tidak signifikan.

Tapi ada juga beberapa orang di dunia ini yang suka akan kopi tapi tidak bisa menikmati kopi di kedai kopi. Ada banyak hal penyebabnya mulai dari alasan pekerjaan hingga istri yang suka ngomel kalau sebagai suami lebih suka ngopi di luar di bandingkan di rumah.

Salah satu jenis kopi tradisional yang sangat di sukai orang-orang dan tak lekang oleh waktu adalah kopi tanpa ampas. Baik itu kopi hitam, kopi instan dalam kemasan saat ini yang di gandrungi adalah tanpa ampas.

Banyak sekali pendapat di luar sana yang menyatakan bahwa kopi tanpa ampas itu memiliki dampak yang baik terhadap tubuh. Meskipun kita ketahui bersama, pada dasarnya kopi memang memiliki dampak yang baik terhadap tubuh jika di konsumsi dengan jumlah tertentu seperti maksimal 4 gelas perharinya.

Jadi apakah benar bahwa kopi tanpa ampas itu lebih baik dari pada kopi dengan ampas ?

Kalau mengutip berdasarkan situs hallosehat, maka jawabnya “SAMA SAJA” tidak terdapat perbedaan antara kopi tanpa ampas dengan kopi mengandung ampas.

Pada dasarnya setiap kopi yang di sajikan akan memberikan sensai yang berbeda bagi setiap orang yang mengkonsumsinya. Kopi serbuk yang memiliki ampas biasanya akam memiliki aroma yang lebih nikmat di bandingkan yang tanpa ampas. Tapi ada juga orang yang tidak suka kopi yang terdapat ampas karena teksturenya yang kasar.

Ada orang-orang yang memiliki pemahaman bahwa mengkonsumsi kopi tanpa ampas yang sudah melalui proses penyaringan dapat mengurangi kecanduan akan kopi. Beberapa candu karena kopi akan mengalami janrung berbedar, sulit konsentrasi karena kafein dalam tubuh lebih aktif, cepat marah, gugup, sakit kepala hingga mudah lelah. Tapi kenyataannya hal tersebut tidak ada kaitannya minum kopi tanpa ampas atau dengan ampas.

Bagi yang mengalami kecanduan kopi sebaiknya mengkonsumsi kopi tidak lebih dari 4-6 gelas perharinya. Di imbangi dengan memperbanyak konsumsi air putih. Apabila minum kopi usahakan untuk tidak mengkonsumsi kopi dengan gula yang berlebihan, karena selain resiko diabets gula bikin tubuh cepat merasa lelah.

Walaupun kopi memiliki segudang manfaat, tapi apabila mengalami kecanduan akan kopi maka manfaat tersebut tidak akan berdampak bagi tubuh. Oleh sebab itu konsumsilah kopi sewajarnya saja.