Langkah atau Cara Menanam Bawang Merah yang Bisa Dicoba di Rumah

February 28, 2022 by No Comments

Bawang merah termasuk dalam bumbu dapur yang sering sekali kita butuhkan. Harganya kadang bisa melonjak di pasaran, sehingga menyulitkan sebagian besar masyarakat untuk membelinya. Maka dari itu ada baiknya jika memahami cara menanam bawang merah agar bisa lebih menghemat pengeluaran.

Sehingga saat harga bawang merah melonjak, maka tak perlu bingung dengan pengeluaran rumah tangga yang juga akan semakin besar. Bisa dibilang, bawang merah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat masakan menjadi lebih enak.

Nah, setidaknya ada beberapa langkah yang dapat digunakan jika ingin menanam bawang merah seperti yang akan dijelaskan di bawah ini!

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum menanam bawang merah, alangkah baiknya jika persiapkan dulu alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan tentu saja ada pot, tanah, media tanam dan juga bibit bawang merah.

Untuk mendapatkan bibit bawang merah tak perlu bersusah payah. Karena bisa memakai bawang merah yang ada di dapur dengan bentuk paling segar dan paling bagus. Kamu bisa mencobanya dan melihat dulu apakah memang berhasil dengan baik ketika ditanam atau tidak.

2. Langkah Penanaman

Setelah menyiapkan segala alat dan bahan, maka langkah berikutnya ialah penanaman. Cukup campurkan tanah yang subur dengan media tanamnya, lantas masukkan ke dalam pot yang sudah disiapkan. Setidaknya penuhi pot tersebut kurang lebih ¾ isinya.

Lalu ambil bibit bawang merah paling bagus yang sudah ada, dan potonglah ujung bawangnya sedikit saja. Pemotongan ini sebenarnya tidak perlu dilakukan jika sudah ada tunasnya, tapi jika tidak ada maka tetap harus dipotong sedikit.

Letakkan bawang ke tanah dengan kedalaman 5 cm, di mana kemudian kamu timbun dengan sedikit tanah tanpa perlu ditekan rapat. Biarkan sedikit rongga pada tanah dan lakukan penyiraman setiap pagi serta sore. Agar tidak merusak bibit bawang merah, maka penyiraman sebaiknya dilakukan dengan cara disemprot.

3. Perawatan Bawang Merah

Merawat tanaman bawang merah juga sangat mudah. Layaknya tanaman lain, kamu harus meletakkannya di area yang sekiranya mendapatkan cukup sinar matahari agar pertumbuhannya bisa bagus. Menyiram dua kali sehari juga sangat wajib dilakukan.

Meski begitu, jangan sampai menyiram dengan terlalu banyak air karena bisa saja mengakibatkan pembusukan pada bawang yang membuatnya gagal untuk dipanen.

4. Cara Panen Bawang Merah

Setelah kurang lebih 60 atau 90 hari, biasanya bawang merah sudah bisa dipanen. Tanda bahwa bawang tersebut siap dipanen ialah ada daun yang mengering dan layu atau lebih mudahnya bisa dilihat apakah ada bawang yang menyembul ke atas atau tidak.

Jika hasil panen dari bawang merah cukup banyak, maka dianjurkan untuk menjemurnya supaya kandungan air berkurang. Di mana hal ini membuat bawang tidak cepat busuk dan lebih awet dalam jangka waktu lama meski tidak digunakan.

Itulah seputar home & living cara menanam bawang merah yang sangat dibutuhkan bagi sebagian besar masyarakat demi menghemat pengeluaran mereka.