Liburan Asyik di Gua Batu Cermin Wisata Labuan Bajo

October 14, 2021 by No Comments

Siapa yang nggak kenal sama tempat wisata Labuan Bajo? Cukup mendengar namanya saja, orang pasti sudah langsung berpikir tentang laut yang jernih dengan ombak kecil yang menentramkan. Belum lagi suasana romantis di tempat ini yang sulit dilupakan.

Memang, andalan utama dari Labuan Bajo adalah wisata airnya yang menakjubkan. Tempat wisata tersebut nggak hanya sebatas pantai tetapi juga wisata bawah laut. Namun, ternyata salah satu tempat di Nusa Tenggara Timur ini juga punya tempat wisata unik lainnya yaitu Gua Batu Cermin

Meneliti Keunikan Gua Batu Cermin Wisata Labuan Bajo

Kelebihan yang dimiliki oleh gua batu ini jarang dan hampir tidak bisa ditemui di gua-gua lainnya. Hal itulah yang membuat gua batu ini istimewa dan layak dikunjungi.

  • Fenomena Langka

Tentu ada alasan gunung batu satu ini disebut sebagai gua batu cermin. Penyebab dari penamaan tersebut karena dinding gua ini mampu memantulkan cahaya. Cahaya tersebut lalu direfleksikan ke seluruh area dalam gua. Hal inilah yang membuat dinding gua tampak seperti cermin.

Nggak semua bagian gua terdapat cahaya. Bahkan di beberapa lorong penerangan harus dibantu dengan senter seadanya karena sangat gelap. Baru nanti di bagian ruangan yang lega akan terdapat cahaya yang berasal dari pantulan sinar matahari.

Makanya, karena mengandalkan sinar matahari, fenomena ini cuma bisa terjadi di waktu tertentu. Semua juga tergantung pergerakan bumi dan posisi matahari. Kalau kamu mau datang ke wisata darat Labuan Bajo satu ini, lebih baik memang di saat langit cerah.

  • Peredam Bunyi

Kalau kamu lagi ada di dalam gua, pasti sering mendengar gaung dan gema. Tapi lain lagi kalau kamu ada di tempat ini. Sebab, berbeda dengan gua umumnya, Gua Batu Cermin nggak memiliki gaung maupun gema.

Hal ini karena batu-batu yang ada di dalam gua memiliki celah-celah kecil. Jadi kalau dilihat kayak memiliki pori. Nah, menurut peneliti yang menemukan tempat ini, celah-celah kecil itulah yang jadi peredam bunyi.

  • Gua Bawah Laut

keunggulan lain dari tempat ini adalah gua ini dulunya ada di bawah laut. Hal ini diungkapkan oleh Theodore Verhoeven, arkeolog asal Belanda yang menemukan dan meneliti tempa ini pada tahun 1951. Verhoeven mengatakan bahwa munculnya gua ini ke permukaan karena adanya pergeseran lempeng bumi. Pergeseran tersebut menimbulkan gempa dan membuat gua ini dan beberapa wilayah lain naik ke permukaan.

Bukti lainnya adalah adanya fosil penyu yang ada di langit gua. Mustahil seekor penyu, yang adalah hewan laut, bisa ada di langit gua di darat. Dan memang setelah diteliti, fosil tersebut adalah penyu yang sudah membatu bersama dengan mineral lainnya.

  • Masuk Tanpa Senter

Sebelum masuk ke gua, kamu diharuskan memakai helm yang akan diberikan oleh pemandu. Helm ini berguna untuk melindungi kepala karena stalagmit dan stalaktit yang berjarak cukup rendah. Apalagi nggak semua pengunjung dibekali senter. Paling hanya dua dari sepuluh orang yang boleh memegang senter.

Selebihnya hanya boleh menggunakan penerangan seadanya dari layar ponsel. Bahkan kalau kamu dan rombongan semua membawa senter, nggak semua boleh menyalakannya. Katanya, cahaya yang berlebihan bisa mengubah temperatur di dalam gua.

Jadi selama berjalan menyusuri gua dengan panjang 15-20 meter ini, kamu musti sangat hati-hati. Nggak cuma karena suasana lembab dan terkadang pijakan yang licin, tapi juga penerangan minim dengan menghindari kepala terantuk batu.

Akses Menuju Lokasi

Kamu bisa datang ke sini dengan berbagai macam moda transportasi, salah satunya dengan kendaraan pribadi. Kamu cuma cukup berkendara sekitar 15 menit dari pusat kota Labuan Bajo. Akses jalan cukup mulus dengan pemandangan yang indah sepanjang jalan.

Area parkir juga cukup luas. Warung makan dan tempat umum lainnya juga dapat ditemukan dengan mudah di sini. Dari tempat tiket, kamu masih harus berjalan kurang lebih 300 meter hingga bisa sampai ke mulut gua.

Ternyata destinasi wisata Labuan Bajo nggak cuma melulu tentang pasir dan pantai. Gua batu satu ini juga bisa untuk dimasukkan ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi. Jadi, kapan kamu mau ke mari?