Mengenal Lebih Dekat Pembangunan Pedesaan

July 13, 2021 by No Comments

Pembangunan pedesaan merupakan pembangunan yang berfokus di desa dengan mengutamakan kearifan dari lingkungan desa tersebut berdasarkan lokasi, sosial budaya hingga pola ekonomi dan kegiatan usaha yang di jalankan. Mungkin akan lebih mudah di pahami jika pembangunan desa di artikan sebarai seluruh kegiatan usaha yang di lakukan pada kawasan yang di anggap perdesaan dengan tujuan utama meningkatkan status sosial serta ekonomi dari masyarakat yang berada di desa yang mana hal tersebut di mulai melaui perencanaan yang di buat berdasarkan musyawarah orang-orang yang berada di perdesaan tersebut.

Alasan pembangunan pedesaan harus di lakukan

Alasan pembangunan desa di lakukan pertama ini sudah tertulis di Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 terkait perdesaan yang mana pembangunan harus di laksanakan melibatkan seluruh orang orang yang bereda di desa. Di mana setiap individu akan terlibat dalam pengelolaan, perencanaa, penganggaran dan evalusi terhadap pembangunan desa.

Tujuan mendasar melaksanakan kegiatan pembangunan desa adalah untuk mengsejaterakan kondisi ekonomi masyarakat perdesaan.

Jika berkaca pada konsep bisnis yang di kenal dengan Creating shared value (CSV) maka setiap perusahaan atau industri yang berjalan di desa maka akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan sebuah desa. Sebagai contoh perusahaan yang berada di Indonesia yang menerapkan konsep Creating shared value (CSV) dan ikut andil dalam pembangunan desa adalah Nestle.

Kerjasama yang di lakukan antara perusahaan dan masyarakat yang berdasarkan konsep CSV akan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak selain kedua belah pihak mendapatkan keuntungan eknomi dari sisi perusahaan akan lebih mudah mendapatkan pasokan sumber daya alam sebagai bahan baku produksi karena masyarakat yang menyuplainya dari sisi desa pembangunan infrastruktur dan eknomi akan menjadi lebih meningkat.

Keberhasilan dalam menjalan konsep CSV dalam pembangunan pedesaan buat perusahaan di anggap sebagai perusahaan yang memiliki perusahaan kredibilitas sehingga akan lebih mudah menarik investor untuk bergabung dalam pengembangan bisnis tersebut.

Pembangunan pedesaan selain memperkuat ekonomi perdesaan tentunya secara tidak langsung akan membuat eknomi nasional membaik. Kesejangan sosial antara masyarakat yang di kota serta yang tinggal di desa akan menjadi tidak terlalu jauh.

Masalah yang di hadapi dalam pelaksanaan pembangunan desa yang di alami oleh pemerintah dan perusahaan yang menanamkan konsep CSV

Pada umumnya pembangunan desa terjadi sangat lambat karena masalah akses jalan yang di lalui sehingga memperlambat proses pembangunan di desa. Apabila terdapat perusahaan yang masuk ke perdesan membangun sebuah bisnsi maka harus memulai dari nol terkait profesionalitas karena faktor belum terbiasanya mereka terhadap hal yang baru. Bahkan ketika perusahaan memilih bergerak ke pertanian, mengalihkan masyarakat ke komuditas yang menjanjikan ini akan membutuhkan waktu yang lama di awal-awal.

Baik pengembangan desa yan di lakukan oleh pemerintah atau swasta masalah yang pasti akan di hadapi adalah tentang sturktural dan sosial budaya