Perkembangan Bayi 6 Bulan yang Perlu Anda Tahu

January 21, 2021 by No Comments

Perkembangan bayi 6 bulan begitu pesat dan akan membuat Anda merasa waktu berlalu begitu cepat. Bayi kecil yang Anda lahirkan kini sudah bisa melakukan banyak hal. Kira-kira setelah masuk usia 6 bulan perubahan apa saja yang ditunjukkan si kecil?

Saat bayi berusia 6 bulan

Berikut adalah beberapa hal yang akan Anda temui saat sang buah hati masuk usia 6 bulan.

1.     Pintar Berguling

Di usia 6 bulan, si kecil akan semakin pintar berguling. Kemampuannya untuk berguling seringkali akan membuat orangtua merasa cemas dan harus selalu sigap. Pastikan untuk menjaga si kecil agar tidak jatuh akibat ia terlalu asyik berguling di atas tempat tidur.

Pada usia ini, otot leher dan lengan si kecil semakin kuat. Inilah alasan si kecil akan bersemangat untuk berguling-guling. Kemampuannya berguling juga mungkin akan membuat Anda lebih kerepotan saat akan mengganti baju maupun popok.

2.     Mengambil Benda di Sekitarnya

Si kecil semakin pandai mengambil benda-benda kecil yang ada di sekitarnya. Pada usia 6 bulan ia akan bersemangat mengambil benda-benda kecil dan memasukkannya ke mulut. Orangtua harus sangat berhati-hati dan memastikan bahwa tidak ada benda-benda berbahaya di sekitar anak.

3.     Mulai Merangkak

Sebagian bayi mulai merangkak pada usia 6 bulan. Mereka akan merasakan otot-otot tangannya semakin kuat sehingga bisa mulai belajar merangkak. Ada juga yang memulai belajar merangkak dengan bergerak ke belakang terlebih dahulu. Inilah saat dimana si kecil akan mulai belajar mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya.

4.     Berceloteh

Perkembangan bayi 6 bulan berikutnya adalah berceloteh. Si kecil mulai bisa mengucapkan suara ba, ah, ma, pa, da. Tentu saja kemampuan berceloteh setiap bayi akan berbeda-beda. Anda juga tidak perlu panik jika si kecil belum mulai berceloteh setelah menginjak usia 6 bulan. Terus berikan rangsangan dengan mengajaknya mengobrol.

5.     Mulai Makan

Menginjak usia 6 bulan, si kecil akan mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Orangtua bertanggung jawab memperkenalkan berbagai jenis makanan kepada anak mereka. Pelan-pelan saja dengan memulai tekstur makanan yang lembut agar si kecil lebih mudah menelan.

Anda juga bisa memberikan finger food dengan tekstur yang lumer di mulut. Banyak sekali produk biskuit bayi yang mulai bisa diberikan sejak bayi berusia 6 bulan untuk membantu melatih keterampilan makannya.

6.     Tidak Hanya Menangis

Bayi berusia 6 bulan kini bisa menunjukan beragam jenis ekspresi. Tidak hanya menangis, ia mulai bisa berteriak, memukul benda, menjatuhkan benda, dan lain sebagainya untuk menarik perhatian.

Itulah tadi beberapa perkembangan si kecil setelah menginjak usia 6 bulan. Setiap anak tentu mengalami tahap perkembangan yang berbeda. Anda bisa membaca artikel seputar bayi untuk mengetahui seperti apa perkembangan anak di setiap tahap usianya.