Perkembangan Fisik Laki-laki dan Perempuan Saat Masa Pubertas

June 15, 2021 by No Comments

Perkembangan fisik laki-laki dan perempuan ketika sudah menginjak usia pubertas tentunya berbeda dan mempunyai jangka waktu berbeda juga. Di masa inilah, para remaja memang akan merasa bingung dengan apa yang terjadi pada dirinya. Bukan hanya perubahan emosional saja tetapi juga terdapat perubahan fisik yang terjadi.

Namun secara umum, remaja perempuan mengalami perkembangan lebih cepat seperti ukuran payudara mulai membesar hingga mulai mengalami menstruasi. Sedang pubertas yang terjadi pada anak laki-laki biasanya membuat suara mereka lebih berat dan rambut akan mulai tumbuh di area sekitar wajahnya.

Perkembangan Fisik Laki-laki dan Perempuan

Masa pubertas ini sendiri dimulai pada usia 11 tahun pada perempuan dan 12 tahun pada anak laki-laki. Namun beberapa anak remaja mengalami pubertas di usia kurang atau lebih dari perkiraan diatas. Sebagai orangtua sebaiknya anda tidak perlu khawatir sebab itu merupakan kondisi yang normal.

Untuk mengetahui bagaimanakah perkembangan fisik laki-laki dan perempuan, maka anda wajib buat mengetahui ulasan dibawah ini.

1. Anak laki-laki

Ketika sudah memasuki usia pubertas, maka anak laki-laki akan menunjukkan adanya beberapa ciri perubahan fisik seperti ukuran testikel dan alat lamin mulai bertambah disertai perubahan warna menjadi gelap pada area skrotum.

Disamping itu, suara mereka akan lebih serak dan membesar. Tidak sedikit dari mereka akan mengalami mimpi basah dimana merupakan ejakulasi pertama kali yang terjadi ketika tidur, bentuk tubuhnya akan terlihat lebih berotot, rambut tumbuh pada area wajah, kemaluan, kaki serta tangan.

2. Anak Perempuan

Berbeda dengan anak laki-laki, pada usia pubertas anak, organ-organ seksual perempuan akan mulai tumbuh dan mengalami menstruasi. Adapun ciri-cirinya antara lain payudara mulai berkembang bahkan di salah satu bagian terlebih dahulu, cairan bening keluar dari alat kelamin, panggul mulai membesar.

Disamping itu, pinggang akan mengecek dengan lemak yang mulai bertambah di area perut maupun pantat, munculnya jerawat hingga kulit akan cenderung berminyak dibandingkan sebelumnya.

Apa yang Harus Dilakukan Oleh Orangtua

Baik remaja laki-laki ataupun perempuan mempunyai keseharian berbeda ketika sudah memasuki masa pubertas. Disinilah, anak anda bukan menjadi anak kecil lagi. Tetapi tetap, peran orangtua masih dibutuhkan. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan ketika anak anda sudah menginjak usia pubertas.

1. Cobalah menjadi lebih sabar sebab mereka biasanya akan mengalami perubahan emosional. Kondisi seperti ini hanya terjadi pada sebagian kecil tetapi memang sebagai orang tua jangan asal memarahinya tanpa tahu penyebabnya.

2. Mulailah bersiap-siap untuk memberikan jawaban terbaik karena akan ada banyak pertanyaan yang diajukan. Terlebih lagi adanya perubahan fisik pada tubuhnya.

3. Selalu damping anak-anak selama masa pubertas berlangsung dan jelaskan mengapa perubahan fisik tersebut bisa terjadi dengan baik.

Masa pubertas merupakan masa dimana anak anda sudah tidak anak kecil lagi. Pada masa ini, perkembangan fisik laki-laki dan perempuan berbeda-beda. Sebagai orangtua sebaiknya harus memberikan pendampingan khusus.